Kakek Nenek dari ABK

Posted under Artikel on : 02/03/2015 09:18:34

Kakek dan nenek bisa membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi Anda dan ananda. Kasih sayang kakek-nenek adalah motivator yang unik dan indah.

Bagaimana Perasaan Kakek dan Nenek?
Kakek-nenek mengalami banyak perasaan yang serupa dengan yang dirasakan orang tua. Beberapa perasaan ini berkenaan dengan proses berdukacita, seperti rasa tergoncang, penyangkalan, frustrasi, kesedihan, dan akhirnya penerimaan. Meskipun demikian, bisa lebih sulit bagi kakek dan nenek untuk menerima kenyataan tentang ananda karena mereka tidak selalu hadir dalam keluarga inti. Mereka dapat lebih lama berfokus pada ketidakmampuan ananda sebab mereka kurang kesempatan untuk melihat ananda sebagai “seorang anak.”
Kakek-nenek menghadapi dua kesulitan, yaitu:
  1. Kesulitan dalam memahami perasaan sendiri terhadap ketidakmampuan yang disandang oleh sang cucu
  2. Kesulitan untuk mengetahui bagaimana membantu anak mereka sendiri
Ironisnya, kebingungan ini seringkali membuat mereka tidak menawarkan dukungan yang sangat dibutuhkan oleh putra atau putrinya.
Pada saat mereka mendengar tentang diagnosa, kakek-nenek sering merasakan perasaan yang sama dengan orang tua, yaitu ketidaktahuan dan ketakutan. Pengalaman hidup kakek-nenek, yang bersangkutan dengan para penyandang kebutuhan khusus, seringkali berbeda dengan pengalaman anak dan cucu mereka. Sebagai akibatnya, sikap dan perspektif mereka mungkin sangat berbeda. Di sisi lain, kakek-nenek dapat membawa kedewasaan dan perspektif yang luas.

Orang tua dan Kakek-Nenek Bisa Saling Membantu
Orang tua dan kakek-nenek dapat membantu satu sama lain untuk memahami dan menerima ketidakmampuan ananda. Kakek-nenek mungkin tidak memiliki akses ke semua informasi yang diterima dari para profesional oleh orang tua.
Informasi dan pengalaman menangani anak dapat membantu kakek-nenek. Beberapa orang tua menemukan bahwa ternyata sangat menolong untuk memberikan literatur kepada kakek-nenek mengenai ketidakmampuan ananda atau mengajak kakek-nenek pergi ke dokter bersama mereka. Menemukan cara agar mereka dapat terlibat ternyata sangat menolong semua pihak yang terkait.
Orang tua juga dapat berbagi kebutuhan dan perasaan dengan kakek-nenek. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah ketika keadaan sudah cukup stabil,bukan di tengah-tengah keadaan krisis. Cobalah menggunakan tantangan unik ini untuk memperkokoh hubungan keluarga.

Bagaimana Kakek-Nenek Dapat Membantu
  • Menyediakan dukungan penuh kasih, sementara pada saat yang sama menghormati peran orang tua.
  • Bersikap penuh pengertian dan terbuka untuk mempelajari apa yang menjadi kekuatan unik cucu Anda serta tantangan yang dihadapinya. Bertanyalah kepada anak dan menantu bagaimana Anda bisa membantu. Anda mempunyai posisi unik untuk memberikan dukungan penuh kasih kepada seluruh keluarga. Anda dapat membantu seluruh keluarga menjadi stabil.


Brent Armistead